STEAM “Pelatihan Coding untuk guru”

The Breakfast Combo

PENDAHULUAN
Indonesia sedang berada di puncak bonus demografi. Di mana penduduk usia produktif jauh lebih tinggi dibandingkan usia tidak produktif. Kesempatan ini sangat bagus digunakan untuk meningkatkan kualitas SDM yang semakin siap menghadapi kehidupan di era industri 4.0 lewat salah satunya memberikan keterampilan coding bagi siswa SD dan SMP untuk mempersiapkan generasi produktif selanjutnya.
Kemajuan dunia IT yang semakin cepat selayaknya diiringi dg keterampilan yang sejalan, agar siap generasi Indonesia menghadapinya sebagai generasi yang mampu turut mencipta dalam kemajuan zaman.

Banyaknya anak-anak yang kecanduan bermain game menjadikan sebuah masalah tersendiri yang mengakibatkan akan semakin banyaknya generasi pemakai (konsumtif) yang justru menurunkan kualitas SDM bangsa ini. Untuk keluar dari masalah ini kami berencana membuat program pemecahan dengan memberikan keterampilan membuat game, apilikasi, animasi yang bermanfaat, kreatif dan inovatif.

Lewat program pelatihan Coding is fun bagi siswa SD dan SMP seluruh Indonesia kami mencoba membagikan ilmu dan keterampilan coding bagi generasi ini. Untuk itu kami rencanakan menjalankan pemebelajaran keterampilan coding ini selama 4 bulan secara terarah sebagai materi keterampilan yang menyenagkan produktif dan kreatif.Sejalan dengan tujuan ini, kami juga menyiapkan kemampuan tenaga pendidik dan guru yg siap dg kemampuan mengajar coding di daerahnya masing-masing kelak untuk terus memajukan Indonesia tercinta.

Tujuan besar pertama dari proposal ini adalah menjadikan para guru mampu dan siap mengajarkan keterampilan coding ke anak didik guna menjadikan materi pelajaran di sekolah menjadi sesuatu yang inovatif dan menyenagkan. Kedua menyiapkan generasi muda Indonesia sipa menghadapi era industri 4.0 lewat keterampilan coding.

 

TEMA CODING IS FUN: Bermain jadi sarana belajar

TUJUAN
– Menjadikan para guru mampu menguasai dan mengajar dasar coding di kelas
– Menyiapkan generasi Indonesia yang terampil coding
– Anak Indonesia siap menghadapi era Industri 4.0

Nama Kegiatan : Sekolah Coding untuk para guru dan siswa
Lama pelaksanaan : 4 bulan (16-20 kali pertemuan)
Tempat Pelaksanaan : Belajar dari rumah (via zoom)
Waktu Kegiatan : Setiap Sabtu Pk. 08:30.00 – 10:30.00 WIB
Penyelenggara Kegiatan : Yayasan G83 & Rumah Seni Rupa kakZulfa (RSRZ)

metode pembelajaran – Via zoom dengan mendengarkan presentasi, diskusi dan praktik.
Kelas dibagi sesuai tingkat kemampuan para peserta
Konsultasi projek di bulan ke empat untuk mempersiapkan pameran karya secara daring pengajar
Pengajar 1 : Mohammad Edliadi (Astronomi & Meteorologi ITB 2000)
Penagajar coding is fun
Pengajar 2 : Zulkifli Faiz (Seni Lukis, FSRD ITB 1983
Pengajar art & coding Asisten 1 : M. Fauzan Billah (mahasiswa)
Asisten 2 : Fery (mahasiswa

Pelatihan Coding